Yang Patut di Contoh dari Bripka Seladi, walau nyambi jadi Pengepul Sampah yang penting Halal

Bripka Seladi, anggota polisi di Polres Malang Kota layak dijadikan teladan. Demi mendapatkan uang sampingan, ia menyambi pekerjaan menjadi pengumpul sampah.

bripka-seladi

Selain bisa mendapatkan uang halal dari pekerjaan keduanya, pria berusia 57 tahun ini juga membantu dalam menciptakan kebersihan lingkungan.

Bripka Saladi memiliki sebuah gudang sampah di Jalan Dr Wahidin, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Uniknya, gudang tersebut tidak terlalu jauh masih berada di jalan yang sama dengan kantor tempat ia berdinas.

Ketika berdinas menjadi polisi, ia bertugas di Urusan SIM Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Polres Malang Kota yang berada di Jalan Dr Wahidin.

Sebelum kantor itu, berjarak sekitar 100 meter, ada sebuah bangunan. Jika dilihat dari luar, tidak terlihat tumpukan sampah. Halaman depan bangunan itu juga terlihat bersih.

Tetapi jika masuk ke dalamnya, bau khas sampah menyeruak. Bangunan itu minim penerangan. Tumpukan sampah yang terbungkus ratusan kantong sampah plastik berwarna hitam menggunung.

Sebuah lorong sempit disediakan untuk menuju salah satu ruangan di bagian belakang bangunan itu. Ruangan itu terlihat terang karena atapnya berlubang. Di ruang itulah, Seladi berdinas ketika tidak bertugas di kesatuannya.

Ia secara telaten memilah sampah. “Tukang rongsokan,” ujarnya terkekeh.

Berbincang dengan Surya, sambil memilah sampah, tidak terdengar nada minder dalam suaranya. Cara bicaranya mantap diselingi humor.

Ia juga menyelipkan humor ketika ditanya nama lengkapnya. “Ya hanya Seladi, sela-selane dadi,” katanya kemudian tertawa lebar.

Ya, itulah kehidupan Seladi. Seorang polisi, sekaligus pemulung dan pemilah sampah. Seladi menegaskan, pekerjaan sampingannya menggeluti “bisnis” sampah tidak membuatnya menelantarkan pekerjaan utamanya. Ia memilah sampah di luar jam dinas.

Delapan tahun, Seladi melakoni pekerjaan ganda ini. Empat tahun pertama, ia memulung sendiri sampah yang hendak dipilahnya.

Bapak tiga anak ini berkeliling kawasan dengan memakai sepeda ontel. Sepeda ontel itu yang menjadi kendaraannya sejak menjadi polisi tahun 1977.

Pukul 05.00 WIB, ia berangkat dari rumahnya di Jalan Gadang Gang 6, Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun, ke Mapolres Malang Kota.

Ia mengikuti apel, kemudian bertugas mengatur lalu lintas. Setelah mengatur lalu lintas, ia berdinas di Kantor Satpas, mengurusi ujian pencari SIM dan mengurusi administrasi sampai lepas jam dinas. Usai lepas jam dinas dan berganti baju, ia menggowes mencari sampah.

“Itu sekitar empat tahun, saya lakoni. Kemudian, teman saya meminjamkan rumah ini. Ini rumah kosong, saya jadikan gudang. Di sini pula, pemilahan dan sortir sampah dilakukan,” tutur Seladi.

Proses pemilahan sampah itu melibatkan empat orang, yakni Seladi, dibantu anaknya, Rizal Dimas, dan dua orang yang ia sebut temannya.

Seladi tidak lagi berkeliling memulung sampah. Setelah bertahun-tahun, namanya cukup dikenal. Ia telah memiliki tempat pengumpulan sampah di sekitar Stasiun Kota Baru Malang.

Dari tempat itu, setiap hari terangkut satu mobil pikap sampah.

“Mobilnya beli juga dari hasil sampah ini,” terangnya.

Sampah-sampah itu kemudian dipilah, apakah jenis botol plastik, kantong plastik, kardus dan material lain.

Tertarik bisnis sampah

Lalu kenapa sampah? “Karena saya melihat, ada orang yang mengambil sampah di sekitar kantor saya dinas. Kemudian saya pikir, ada rezeki di sana. Dan kalau tidak dipilah, akan banyak sekali tumpukan sampah. Saya lalu melakoninya, sendiri,” ujarnya.

Ternyata memang benar, sampah menjadi salah satu ladang rezekinya. “Meskipun tetap masih banyakan gaji polisi,” katanya.

Hanya saja, pendapatan dari sampah menambah penghasilan ekonomi di rumahnya. Ia menyebut tidak banyak, pendapatan dari sampah sekitar Rp 25.000 – Rp 50.000 per hari, jika dihitung per hari.

Pendapatan dari sampah terkumpul seminggu sekali, setelah sampah terjual.

“Yang penting halal, ikhlas, dan terus ikhtiar dalam melakoninya. Tidak usah peduli omongan orang. Saya tahu, pasti ada yang mencibir. Kalau ada yang begitu akan saya jawab ‘saya bisa menjadi seperti kamu, tetapi apa kamu bisa seperti saya’,” tegasnya.

Karenanya, ia mengaku tidak minder ataupun rendah diri meskipun setiap hari berkutat dengan sampah. Ia juga tidak jijik memilah aneka sampah. Ia juga mengaku tidak pernah menderita sakit serius meskipun membaui sampah menyengat setiap hari.

Tolak suap

Ia menegaskan, dirinya tidak mau tergiur meskipun berdinas di lahan yang selama ini dikenal sebagai lahan “basah” di institusi kepolisian.

Seladi mengaku tidak mau menerima pemberian orang, dengan tujuan tertentu dalam pengurusan SIM. Kalaupun ada yang memberi di rumah, imbuhnya, ia meminta sang anak mengembalikan pemberian itu.

Prinsip hidupnya itu ia ajarkan kepada sang anak. Lulusan SMEA di Malang itu mengajari anaknya, Rizal Dimas (21) etos kerja keras, halal, dan tanpa perasaan minder.

Setiap hari, sang anak membantunya memilah sampah. Lulusan D-2 Informartika Universitas Negeri Malang (UM) juga tidak jijik memilah sampah.

“Saya tidak minder memiliki ayah yang polisi, tapi juga tukang rongsokan. Ini pekerjaan halal. Saya malah bangga, karena ayah mengajari tentang kerja jujur,” tegasnya. Ketika masih ada anggapan miring tentang polisi, Rizal berani menyodorkan bahwa sang ayah merupakan polisi yang patut dicontoh.

Sehingga Rizal tetap ingin menjadi seorang polisi. Tahun ini merupakan tahun ketiganya mencoba peruntungan ke kepolisian.

Ia sudah dua kali gagal ketika mendaftar menjadi polisi. Rizal mengakui, tidak ada bantuan lobi dari sang ayah supaya lolos. Tahun ini, ia kembali akan mendaftar.

Sementara itu, salah satu pekerjannya, Yani melihat Seladi sebagai sosok yang ulet dalam bekerja. “Bapak itu kalau tidak dinas ya bekerja di sini. Kalau ada tugas ngepam (pengamanan, red), kayak ngepam Arema tanding kemarin, ya tidak bisa nyortir sampah,” ujarnya.

Source:ย http://suryamalang tribunnews com/2016/05/18/beginilah-sosok-bripka-seladi-polisi-yang-memilih-menjadi-pengepul-sampah-daripada-terima-sogokan

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Sandwich Duren

Beli duren kupas Ama Om Junior Arip.. Niatnya mo dibuat sop duren ato pancake duren kesukaan nya Abang Habib.. Tp seperti biasa.. Rasa malas menang lg ๐Ÿ˜€
Akhirnya tadi pagi bikin sandwich duren.. Isinya full duren.. Mantapnyaaa…
Abang Habib bawa 2buah tuk Snack time di sekolah, tapi cuma dimakan setengah .. Padahal Abang ma bunda adalah durian lovers ๐Ÿ˜€ .ย Klo beli duren biasa kami monopoli, ayah Lupias Arul Rachman cuma kebagian dikit aja :p

Sandwich-duren
Pas ditanya, jawabnya aq malu Bun, ntar di kelas bau duren semua ๐Ÿ˜€
Lanjut makan di rumah aja

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Habib’s Mom Kitchen sebelum long weekend

Hasil dari Habib’s Mom Kitchen sebelum long weekend… Ada 2 foto kue lg yg belum ikut diupload, karena dipindah ke pc ayah..

kue ulang tahun tema upin ipin cibinong bogor
Alhamdulillah.. Niat mo ikutan long weekend.. Dan memenuhi beberapa permintaan Abang yg ultah sudah terpenuhi. Rezeki memang sudah diatur oleh yang Maha Kuasa.
Terimakasih ayah tuk kerjasama nya selama ini…
Terus menunduk ke bawah agar bisa lebih bersyukur atas rezeki yg didapatkan meski dengan susah payah.
Dan harus sesekali melihat ke atas untuk memompa semangat. Semoga kita bisa membahagiakan orang tua selagi sempat. Saat ini mungkin belum bisa melalui materi, tp InsyaAllah mereka tidak pernah terlupa dalam setiap do’a kita.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Resep Iga Panggang Madu

Dari semalam extra moody…
Daripada dibikin berkepanjangan, lebih baik naikin mood .. Masak buat 2 jagoan kesayangan.. Iga panggang madu by. Bunda… Sedap.. Sedap.. Sedap ๐Ÿ˜‰

resep-Iga-Panggang-Madu
Iga Panggang Madu
*Bahan
1/2kg iga sapi
*Bumbu
1buah bawang Bombay dirajang
4siung bawang putih + 2ruas jari jahe (dihaluskan)
4sdm saos cabe
4sdm saos tomat
2sdm saos tiram
4sdm madu
Lada bubuk sesuai selera pedasnya
3sdm margarin untuk menumis
Gula & garam
*Cara Buat
Rebus iga sapi dengan sedikit garam hingga empuk (jgn terlalu empuk jg.. Nanti hancur ketika perebusan yg kedua)
Tumis bumbu halus dan bawang bombay dengan margarin sampai harum, masukkan aneka saos, gula garam lalu masukan ke dalam iga yg sudah direbus tadi.. Beri air lagi… Masak sampe kuah menyusut dan bumbu meresap. Panggang iga sambil sesekali diolesi sisa bumbu rebusan. Dibakar jg lebih enak..
Hidangkan dengan tambahan sambal terasi dan lalapan
Tadi saya gak dibakar..lg malas ngeluarin bakaran ๐Ÿ˜€

Selamat mencoba.. So simple but yummyy

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Pesenan tart tema burung murai

Pesenan tart tema burung muray,,, agak ragu waktu terima pesenan ini, tapi tiap ada pesanan dengan dekor baru jadi merasa tertantang dan biar gak boring ama tema yg itu” aja.

kue-ulang-tahun-tema-burung-murai
Meski belum rapi, burung muraynya masih jauh dari mirip dan pohon gede yang gak sinkron ukuran batangnya ๐Ÿ˜€
Alhamdulillah akhirnya beres juga kue ini. Lumayanlah buat saya yg ngedekor kue ini sendiri (Ayah cuma bikinin pola burungnya aja) secara saya gada jiwa seni ๐Ÿ˜€
Terimakasih banyak ya Teh Farah Pridasari, maaf jika banyak kekurangan, semoga suaminya suka dekor dan rasa kuenya…ย ๐Ÿ˜‰

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

HIDUP TAPI SEPERTI MAYAT

Bertamu main HP…
Ngaji main HP…

ngaji main hp
Terima tamu main HP…
Bekerja main HP…
Belajar main HP…
Sambil makan main HP…
Ditengah keluarga main HP…
Kiamatlah duniamu tanpa HP…
Kadang terlihat dua orang saling duduk berhadapan tidak berbicara sama sekali, karena salah satu atau keduanya sibuk main HP, kalaupun harus bicara akhirnya tidak nyambung dan muncul sikap tidak peduli
Punya masalahpun bukan lagi mendatangi keluarga yg terdekat, tetapi membahas di sosmed, rasanya lebih “afdhol”
Manusia menjadi “ADA NAMUN TIADA”
Sahabat… jazad-jazad yg telah menjadi zombie berkeliaran… hidupnya hanya seputar dunia dalam ponselnya
Basahnya embun pagi…
Hangatnya mentari pagi…
Jabat erat tangan sahabat telah hilang dan diganti gambar-gambar mati dalam ponsel
Gerak petualangan akan hebatnya bumi juga sudah diganti hanya dengan gerakan telunjuk dan jempol
Wajah-wajah mulai pucat, tubuh mulai ringkih, pahala-pahala beterbangan sia-sia sebagai resiko terburuk yg mungkin dimiliki,
Sedangkan engkau tidak kemana-mana dan belum melakukan apapun selain menggerakkan jempol dan jarimu pada layar kecil yg penuh sihir ini
Hidup dalam kematian itu adalah keniscayaan, tetapi “MATI DALAM HIDUP” itu pilihan
MAKA BANGUNLAHHH,,!!!
hiduplah sebagaimana manusia itu hidup,
Saat suami/istri datang, simpan HPmu,!
Saat anak bercerita, simpan HPmu,!
Saat ibu/bapak bicara, simpan HPmu,!
Saat tamu berkunjung, simpan HPmu,!
Saat rumah berantakan, simpan HPmu,!
Saat matahari merekah, udara sejuk, angin semilir, burung bersiul, anak-anak tertawa riang, simpan HPmu,!
Perhatikan duniamu dengan seksama, sebab NIKMAT ILAHI ada disana
HIDUPLAH..!!!
Engkau belum mati tapi sudah bertingkah seperti mayat.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Puding Roti pisang ala Bread butter banana pudding

Teman ngebaking malam ini biar semangat ๐Ÿ˜€
Memanfaatkan bahan yg ada… Dan yg lama nganggur di kulkas.
Bread butter banana pudding
Bread butter banana pudding
Bahan:
*6lembar roti tawar sobek”
*pisang secukupnya iris bulat agak tipis (boleh tidak pake, tapi nanti namanya jadi gak pake banana lg yaa:Dย … tadi sengaja ditambahkan pisang manfaatin pisang di kulkas yg udah kematengan)
*500ml susu uht plain
*100gr gula pasir (bisa ditambah jika suka manis)
*50gr butter dicairkan
*3telur utuh + 3kuning telur kocok lepas
*vanilli
*70gr keju cheddar potong kecil”
*kismis dan almond slices untuk taburan.
Cara Buat:
*Panaskan oven suhu 160derajat.
*Olesi wadah tahan panas atau cup alumunium foil dengan margarin.
*Campur semua bahan jadi satu aduk hingga rata (kecuali pisang, kismis dan almond).
*Tuang sebagian adonan ke dalam wadah lalu tata pisang diatasnya, lalu tuang sisa adonan puding.
*Beri taburan kismis dan almond slices.
*Oven suhu 160derajat selama 50-60menit.
Selamat mencobaย ๐Ÿ˜‰

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

ISTRI YANG TIDAK BERDANDAN

.:: ISTRI YANG TIDAK BERDANDAN ::.
Suami wajib baca..
Suami: assalamualaikum…
*ibu: waalaikumsalam
lho nak kok tumben pulang gak bilang bilang mana istrimu…??
Suami:istri di rumah bu, saya gak bilang ke istri kalau mau ke sini hehehe…
Ibu: lho kenapa…? Ya gak boleh lho kyak gitu..??
Suami: bu saya mau tanya, se sibuk itukah jadi ibu rumah tangga…??
Ibu: kenapa…?? Kamu ada masalah sama istrimu..??
Suami: ya saya bingung aja bu..?? Rumah gak pernah beres…?? Tiap malam mengeluh capek
sedangkan saya yg kerja tiap hari aja biasa aja. Yg aneh lagi bu kenapa istri saya tidak pernah berdandan. Padahal itu kan sebuah kewajiban istri harus terlihat cantik di depan suami. Saya liat ibu kok biasa aja gak pernah sesibuk istri saya.

ISTRI YANG TIDAK BERDANDAN
Ibu: nak, dengar ibu baik-baik , pekerjaan ibu rumah tangga memang tidak banyak. Hanya berkutat pada membersihkan rumah memasak dan menggurus anak. Tapi pekerjaan itu sungguh menguras tenaga dan pikiran. Coba liat mana pernah istrimu mengerjakan suatu pekerjaan sampai selesai…?
Yg istrimu lakukan pasti mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Karena apabila tidak seperti itu tidak akan selesai-selesai.
Suami: tetapi kenapa rumah jarang sekali rapi…??
Ibu: karena istrimu lebih memprioritaskan Continue reading »

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Sudah lama jalan HM Asyari di samping ITC Cibinong Rusak Parah, belum juga ada perbaikan

Alaaku kali ini ingin memposting masalah perbaikan jalanan khususnya di wilayah saya Cibinong Kabupaten Bogor tempat saya tinggal. menurut saya Jalanan adalah infrastruktur utama tetapi sering sekali diabaikan perawatannya contohnya Jl. HM Asyari Cibinong Bogor, tepatnya di sebelah Mall Cibinong yang dahulu bernama ITC Cibinong.. rusaknya sangat farah.. bahkan ketika sedang naik motor bersama suami sehabis hujan, saya pernah menyaksikan pengendara sepeda motor wanita terjatuh karena tidak dapat mengendalikan motornya dengan baik karena di akibatkan jalan yang tidak terlihat lubangnya.. jalannya rata pake banget.. tapi rata dengan air.. ๐Ÿ˜€

jalan_HM_Asyari_samping_mall_Cibinong_Rusak_Parah

ada juga mobil sedan yang ke gasrut bagian bawahnya karena lubang yang di laluinya cukup dalam.. entah sampai kapan jalan ini di perbaiki, mungkin kalau sudah ramai di media sosial dan di siarkan televisi, baru dech pihak terkaitnya melakukan perbaikan… masa sich kalo perbaikan baru di lakukan kalo sudah ramai di medsos atau televisi.. apakah pihak terkait jalan rusak ini tidak mengetahui jalan ini rusak ??? padahal kantor PU nya dekat banget persis di depan Kantor Kelurahan Cibinong??? jawabannya adalah… mungkin matanya lelah… jadi ketika lewat jalan ini sedang tidur..

ayo teman teman.. share ini.. biar ramai di medsos dan pihak terkair nya malu dan segera memperbaiki jalan ini..

nich komentar2 di Facebook :

review 1 review 2 review 3

salam alaaku.com

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail